Welcome To My Blog

text goyang

Sabtu, 04 Januari 2014

CINTA DALAM HATI SAHABAT

CINTA DALAM HATI SAHABAT
Karya Ardana

Aku cwok 21 tahun, cwok yang penuh semangat dan penuh harapan, walau terkadang keras kepala juga... Aku mahasiswa baru disebuah universitas swasta di denpasar. Hari pertama ngampus, menyenangkan bisa dapet banyak teman lucu. Dari seluruh pelosok bali, berkumpul dalam 1 kelas, hahaha lucu, logad buleleng berbicara disautin logad negaroa kemudian diterusin logad tabanan, hahaha ceria rasanya. Cewek pertama yang ku kenal di kelas namanya luhde, orangnya baik tapi sok kenal gtu, he. Hari – hari dikampus penuh dengan canda tawa, ya maklum semester 1 kan belum bgitu sibuk, jadi masih bebas tersenyum.

Hari – hari berikutnya ku mulai terbiasa berbaur dengan teman” .Untuk teman cewek luhde yang paling baik, dia itu asyik juga orangnya, dia juga suka belajar, jdinya kami semakin akrab. Kemudian aku kenal dua orang tmannya Desi yang periang dan Gex Sin yang cibi. Hari itu hari selasa, abis kuliah ku bergegas pulang, tapi ku mendengar suara dari belakang . “ arr tunggu..” . Ternyata itu suara luhde. Ku lihat dia jalan dari belakang, dengan rambut kuncir yang tertiup angin, berseri seri mukaknya, kayak ada bintang bintang di pipinya, senyumnya juga manja. Wow…hehe
Luhde: “ arr mm.. mf ganggu, kmu sibuk gk? Seandainyae kmu adae waktu aku pengen nanya nanya tntang materi akuntansi yang tadi” “ tapi klok kmu sibuk yae gk pa2” pngen nanya sebentar aja sii sebenernyae” hahaha dia berkata seperti gk mau maksa aku, tpi klihatan dari mukaknya berharap banget ku jelasin akntansi.he
Cinta Dalam Hati Sahabat
Sebenernya hari itu ku capekkk banget, ntar sorenya ku juga hrus latihan silat. Tapi melihat wajahnya yang polos dan logad bicaranya yang lucu, capekku jadi hilang. Kemudian ku ajak dia keperpus. Seperti biasa perpus rame dengan kakak kakak yang lagi setres bkin skripsi, ya biar gk mengganggu ku nerangin materi akuntnsinya dengan frekuesi rendah alias bisik bisik. “mana yang gk ngerti?”,tanyaku. Luhde : “mmm.. transaksi apae aja arr yang dicatat dalam akun pembelian?”, tanyanya dengan sdikit malu. “ yang dicatat dalam akun pembelian itu adalah transaksi pembelian barang dagangan saja, klok pembelian diluar barang dagangan, dia dicatat dalam akunnya masing2, seperti pembelian peralatan dicatat dlam akun pralatan”.Jawabku.
Saat itu, adalah pertama kali ku perhatiin wajahnya. “Cantik juga” kupikir. Wajah seriusnya dewasaa bngett, ku pikir, waah.. cwek ini pasti smangat bnget, kata-kataku pasti lagi dianalisis bener atau gknya, tapi ternyata dia gk ngerti, haha, hadehhh…

Ya maklumlah pas SMA dia kan anak IPA. Sejak saat itu kami semakin akrab.. Kami sering ngerjain tugas bareng, ku sering main kekosnya ngerjain tgas sama desi dan sintia juga, hehe mereka kayak trio macan slalu bersama. Yahh namanya juga cewek, sebelum ngerjain tugas pasti selalu rame. Ada aja yang digosipin, hahaha. Aku jdi lbih sering bergaul ma mereka ketimbang tman cwokku, wahh bahaya, bisa-bisa ku jadi bencong, ekee book.. Tapi gk lah!, ku kan tetep tegak, stay cool, he, ya paling terpengaruh menceng aja jadinya bicaraku, tapii emang dri kecil aku menceng siii haha, dibilang kayak cewekku ma kakakku.

Sempet suatu hari pulang kuliah, lode mz ku, minta bantuanku ngerjain tugas akuntansi dikosnya. Ya ku bilang klok ku dijemput kekampus baru ku mau, bensinku abis soalnya gtu ku bilang , padahal sebenernya bensinku masih full haha. Trus dia bls mzku, lohde : “ok arr tunggu sana ya!!!”. Lama ku nungguin , dia gk kunjung datang, mana prutku dah keroncongan lagi, trus datanglah desi yang dsuruh menjemput dengan rambut terurai, sambil senyum-senyum, desi: “dah lama ya? “
Ku jawab: “ gk lama sii, tapi cukuplah membuat, bdanku gosong.he,,. kmudian ku mnuju kekosnya lode tuk yang pertama kali. Waktu itu ngerjain soal akuntansi rasanya. Ada kejaian sial waktu itu. Pas lode diluar kamar kedenger dia brteriak, “ yee kuluknya bawa kaos,, iii kaos spa dibawa lari tuu?” ya aku gk begitu meratiin, karena ku lagi konsen buat jurnal. Trus pas mau pulang, aku pakek sepatu, loohh kaosku mana lagi satu?. Luhde : “kaosmu warna putih ya?.wahh tadi kuluk tuan rumah lari-lari sambil bwa kaos, kirain bkan kaosmu arr” desi : hahahaha, sintia : ado ado gen I ardanee…sampek sekarang kaos kaki yang satunya ku simpen pakek kenang kenangan, hehe.

Sering juga kami ngerjain tugas kelompok bareng, dari pagi smpek sore. Makan bareng dikos lode, saling curi mkanan hehe. Lucunya setiap kali pulang dari beli makanan, pasti mereka ribut ngurusin uang kembalian, dan mkanan yang dibeliin juga sering salah he. Tapi asyik kok, terasa kayak keluarga sendiri. Hhhmmm Waktuku kebanyaan sama lode, smpek sampek ku brantem ma pacarku gara gra mznya gk kubales karena keasian diskusi ma luhde, hehe. Ya bukan gmana2 sii, klok aku diajak diskusi akuntansi pasti selalu semangat terkadang smpek lupa waktu.

Kami juga sempet aktif di SEKOM UNWAR bntar. Trakhir kali ku jadi panitia bareng dia adalah pas PENGMAS di desa lebih. Itu adalah kepanitian yang lucu, banyangkan jumlah panitia ada 30 orang, sedangkan pesertanya cuman 20 orang, jadi yang banyak gabisin konsumsi adalah panitianya, hahaha. Gk lucu ya?. Ya anggap aja lucu
Lannjuttt….
Di pengmas itu ketika malam hiburan di wantialan desa lebih, aku melihat lode menangis, ku jadi penasaran apa yang membuat dia bersedih. Tapi ku belum berani mendekat, karena dia masih dikelilingi pengawalnya desi sintia sama anggota menwa yang anak hukum tuu, spa kden namanya lupaku. Kemudian pas sembah hyang kudeketin dia. “ kenapa geg? Kok nangis tadi?”
Dia hanya tersenyum, trus pengawal Menwanya bilang “ luhde lagi patah hati”..
“ tenang geg!,, masih ada aku kok” sapaku gombal.. Luhde : “emangnya ardanae mau nyentanae?” sautnya dengan maksain tersenyum, wajahnya nunjukin kesedihan tapi dia berusaha menyembunyikannya.

Kami juga pernah ikut kegiatan bakti social bersama di tanah lot. Waktu itu kami duduk berdua di biss, Ac bisnya dinginnn sekali, ku pkek jas biar lbih hngat. Kmudian dia brkata, luhde: “pinjemm jasnya, dingiin”, mintanya dngan manja. “ iya , pakek berdua yukk”. Ajakku malu-malu. “okeh”, jawabnya dngan imut. Perjalanan itu diiringi hujan gerimis, kmudian ada pelangi yang indah sekali, romantiss ya, hehe. Aku merasa nyamaannn… bnget disisinya, hatiku terasa hangat. Pas itu ku gk bnyak omong, malu soalnya, he. Tapi ku kok mrasa seneng bnget yaa, wah bahaya bnget nii klok ku sampek suka ma lode. Dia kan dah punya tunangan, aku juga udah punya adinda.

Waktu terus berlalu, banyak hal ku lalui bersamanya. Sampek suatu hari dia mutusin untuk ngajag dari rumahnya di Gianyar. Sejak saat itu kami mulai jarang bersama, paling ketemu di kampus aja bentar. Aku mulai merasa rindu, tapi kenapa ku harus rindu, diakan bukan siapa -siapa ku, pikirku. Di kelas ku sering nyuri nyuri mandangin dia, klok dah sempet mandangin wajahnya, tau dah,, apapun yang disampein dosen gk masuk ke otakku.
Anganku melayang, seakan hanya ada aku dan dia di kelas itu. Saat itu ku mulai sadar bahwa aku Jatuh Cinta pada luhde. Tapi aku masih diam, masih bingung dengan perasaanku dan masih bimbang dengan setatusku.

Beberapa minggu kemudian ku putus dengan pacarku. Untungnya lode slalu ada nemenin ku, nanya soal soal akuntansi atau diskusi plajaran yang lain, jdi ku gk mrasa sepi saat putus cinta. Apa yang kutakutkanpun terjadi, Hatiku terus berontak, bergejolak dan mendorongku untuk harus menyampaikan isi hati ku ke dia. Aku tau dia masih ada yang punya, tapi aku juga tidak bisa membohongi diriku, sakitt banget rasanya mendam perasaan ini. Suatu hari aku , lohde , desi , sintia ngerjain tugas kelompok di kelas. Tugasnya nyari pengaruh investasi terhadap perekonomian Indonesia. Karena dikelas gk da wifi, trus ku ajak lohde nyari wifi di bale bengong deket kantin, sedangkan desi sama sintia ngerjain pendahuluannya di kelas. Kemudia kami berdua berjalan menuju bale bengong. Disana , dengan hati yang gemetar, ku berusaha nguatin diri tuk ngungkapin perasaanku
Aku: “geg”
Lohde : “iyae arr”
Aku : “ mmmmm, aku eeee
Luhde : “napae arr?”
Aku : “ eeee gimana menurutmu tentang yang kmarin?”
Luhde : “tentang apae arr?”
Aku : “tu mzku yang kemarin”
Luhde : “ hhhmmmm…. Yang manae tu?
Aku : sshhhhh, narik nfas. “Aku suka ma kamu!”
Luhde : “maksudmu?”
Aku : “ya, aku sayang ma kamu, berharap seandainya aku bisa jadi pacarmu”
Luhde : sshhhhshhshshhs ……………………………
Aku : “gimana geg?”
Luhde: “akuu….mmmm.. hhmm arr!! Aku gk tau harus jawab apa, ………. ku hanya lebih nyaman jika kita jadi sahabat aja arr,, jadinya kita kan bisa bersama selamanya, bisa seneg2 terus tanpa cemburu tanpa bertengkar”
Aku : …. Iya.., he

Dadaku terasa sesak. Ku berusaha tenang, namun telingaku terasa panas, dan mataku mulai memerah. Tak bisa berkata apa –apa. Hanya terdiam, tanpa kata. Keadaan di bale bengong itu mendadak sunyi.. dinginnn.. bngt, tak bisa bergerak lidahku terasa kaku.

Sejak saat itu luhde mulai jarang bls mzku, tapi ku tetep mz dia setiap hari. Walaupun mzku gk pernah dibales,, yahh gk pa2 ,, mungkin dia lagi sibuk, pikirku tuk menghibur diri.
Menjelang UAS smester 2, gex sin ngajakinku blajar barenng, waktu itu janjian di kelas GST pling pojok timur diruangan selatan. Saat itu ku dibawain banyak kue .lode bawainku kue warna hijau sebesar piring. Gex sintia sama desi juga ngasi, tmen2 yg lain juga. Gex sin : “sini duduk ar! Samping luhde!” aku hanya terdiam, aku gk brani duduk disampingnya, bkan karna ku marah, tapi karena aku takut . takut cinta itu akan semakin membunuhku. Mungkin karena sikapku yang jutek dan menyinggungnya, lode pergi pulang duluan, ninggalin kami. Aku ingin banget mengejarnya, tapi kakiku lemas, takut jika cinta itu membunuhku, ya biarlah dia prig hari itu.Pas akhir uas semester dua adalah akhir kesibukanku ngutak atik akuntansi 1, tapi hari itu juga awal dari kehancuranku. Saat selesai uang yang terakhir, lode bilang padaku
Luhde : “arr maafin aku..tapi aku mntak tolong pengertianmu arr.!! Tolong jangan mzku lagi! Ngertiin posisiku arr! Ar tau kan kondisi keluarku gimana? Ku ingin ngebahagiain ibukku arr””
Ku hanya terdiam, sesak rasanya, lidahku terasa kaku dan aku hanya terdiam………………
Ku berpikir, betapa jahatnya diriku!!! Betapa berdosanya aku!!!! Kasih sayangku malah membuatnya hancur…. Dia jadi renggang ma pacarnya dan sering diomelin ma ibuknya, semuanya gara-gara aku.
Aku begitu bingung, aku gk tau harus berbuat apa.. dan aku hanya terdiamm..

Kenapa ku harus Jatuh Cinta Ma dia?, kenapa ku harus sayang ma dia? Kenapa harus Dia?
Kemudian ku pulang dengan hati yang hampa, kakiku terasa berat melangkah mataku terasa berkunang kunang. Sampek di kos aku terbaring lemas, seakan masih belum percaya tentang semua yang terjadi hari itu. Mungkin benar, cinta memang tak harus miliki…, ,” dan bila semua tercipta tanpa harus ku merasakan semua yang tersisa, hampa hidup terasaa” ( peterpan ).” Sempet ku berfikir, tuhann percepatlah hari kiamat, biar kesengsaraan ini mati, dan berikan aku hidupp satu kali lagii hanya untuk bersamanya ( the virgin )

Liburan semester 2 terasa panjang, kembali muncul perasaan kangenku ma luhde. Sesekali ku nitip pesan di gex sintia, sekedar ingin tau gmana keadaanya . Gex sintia sangat baik, dia slalu mau jadi perantara menyampaikan pesan kangenku. Thank’s ftiend kmu slalu baik, moga tambah cibii. Liburan semester 2 berakhir.., naik ke semester 3 ada pembagian kelas. Ku dapet kelas DA sedangkan luhde dan sintia dapet kelas DU. Ku dibujuk tuk pindah aja kekelas DU. Saat itu diparkiran aku sintia desi sama sinta duduk diparkiran sambil nunggu Luhde. Kemudia dia datang, brsama dibonceng ma pacarna, aku hanya bengong melihatnya seraya berpaling muka” Betapa hancur hatiku ,, melihat engkau bersamanya”(kangen),
Aku bergegas duluan ke secretariat, “ gex sin aku duluan ya, mau pipis bentar” sebenernya itu hanya tuk nyaru’in telingaku yang mulai memerah. Akhirnya ku pindah ke kelas DU, kelas yang di sebut sebut sebagai kelas unggulan. Bener juga sii, banyak orang hebat di kelas DU. Kelas DU membuatku lbih rajin blajar, banyak dpet temen dskusi , yaa stidaknya bergunalah tuk semanagt blajar akuntansi. Namun kelas ini juga membuatku hancur di lain sisi.

Berat banget rasanya mataku mlihat lode, dan teriris sekali rasanya saatku berada di sampingnya.
Aku mutusin untuk menjauh darinya, mencoba melepaskan semua, melupakan semua dan membiarkannya bahagia. Aku menjauh, aku kan menghilang dalam pekat malam, lepasku melayangg, ( peterpan). Dan ini adalah awal kehancuran persahabatan kami. Aku menjauh bukan karna ku benci,, tapi karena ku gk sanggup menahan perasaan yang tak kunjung hilang, aku tenggelam dalam lautan luka dalam ( rumor). Aku lakuin berbagai cara tuk lupain dia. Aku mencoba deketin cewek, smpet pdkt 1 bulan tapi ku kalah saing ma anak teknik UNUD, katanya sii karna sifatku yang egois dan kekanak kanakan makanya aku di tolak, trusss ya kembali lagi ku inget ma lode. Ku belum menyerah sampai sana, ku pdkt lagi sama cewek dari nusa dua, katanya peluang aku dierima udah 90 %, brsemanagt aku “ waahh moga ja cwek ni bisa mmbuatku lupa ma luhde”, walaupun sbenernya aku gk srek ma cwek itu ya bisalah dijadiin pelarian tuk lupain lode. Tapi semuanya berbalik 180 derajat, ternyata malah aku yang dijadiin pelarian, “waaahhhh siiiaaaallll, pdahal dah bulak balikku capek capek ke nusa dua, hadehhhh”

Akuuu pulaaangggggg, tanpaaaa dendammmmm, ku terimmaaa kekalahaaaankuuu ( sheila on 7)
Kembali lagi pikiranku mengarah pada luhde, ku denger dia udah putus dengan pacarna, dan ku berharap bisa ngejar ngejar dia lagi, tapi sungguh terkejutku ketika dia udah jadian lagi sama tmenku, aku lemas…., aku terdiam….trus ku Tanya dia lwat HP
Aku “ geg bneran yak mu dah jadian ma temenku”
Luhde : “mang itu penting ya buat kamu?”
Aku : “ ya gk sii, klok gk mau jawab juga gk pa2”
Luhde : “ kenapa mangnya?” klok iya kenapa “ “klok nggak juga kenapa?”
Aku : gk sii, aku cuman pengen tau aja
Luhde : “hmmm arr… maafin aku, iya aku jadian ma dia, tapi walaupun aku jadian ma dia, kita masih bisa bersahabat kok, klok kamu mau”.
Aku :” yah aku mendukung geg, tapi berjanji padaku, jangan pernah sakitin dia untukku, jika geg nyakitin dia, berarti geg telah nyakitin pengorbananku juga.
Luhde: “ kok kamu ngomongnya gitu?”
Aku : . eee akuu, mmm…. Aku slalu sahabatmu, mungkin aku hanya sedikit terluka, kenapa harus temanku? Kenapa harus 1 kelas?. Tapi ya udahlah, ku yakin lukaku kan sembuh suatu saat nanti”
Luhde : “aku gk bisa jawab apa2 arr.., tapi ku yakin kmu akan cepet sembuh arr, karna ku tau kmu cwok baik, coba aja tuk membuka mata, membuka hatimu tuk cewek lain yang lebih sempurna dariku” maafin aku arr..

Malam itu begitu dingin, perasaanku begitu hampa, ku terdiam sepi sendiri di teras rumah, sambil memandangin bintang yang mulai hilang tertutup awan. Aku berpikir ini adalah akhir dari semua, semua yang kuinginkan harus kurelakan, rela berkorban demi kebahagiaan sahabatku.. SAHABAT LEBIH DARI CINTA
Ini lagu terakhir dariku
Ku inginn kau tauuu….
Dirikuu disiniii, menanti diiirimu….
Meski ku tungguu hinggaa jung waakktuuukuuu……….
Dan berharap rasaaaa inii kan abadi untuk seeelamaaanyaaaa……

Dan izinkaaan akuuu, memeluk dirimuu, kali iniii sajaaa..
Tuk ucapkan slamat tinggalll untukk slamanyaaa..
Dan biarakan rasa ini bahagia untuk seeekejap sajaaa…..
( ungu)

The end

0 komentar:

Posting Komentar